Akne Vulgaris - Jerawat


Akne vulgaris, sering disingkat akne saja, adalah masalah kulit yang terjadi akibat minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit.

Akne ringan hanya terdiri dari beberapa buah bintik merah kecil. Akne berat terjadi jika bintik merah tersebut berjumlah puluhan atau ratusan yang tersebar pada wajah, leher, dada, dan punggung. Bintik tersebut dapat membesar, mengeras, mengalami infeksi, sehingga timbul nyeri. Tahap lanjut biasanya bernanah. Jika sudah terjadi hal ini, akne akan sembuh dengan meninggalkan bekas.

Sebagian besar remaja mempunyai akne, paling sering akne bentuk ringan. Akne ini biasanya membaik setelah melewati usia remaja. Tetapi pada wanita dewasa akne dapat timbul pada hari-hari sebelum menstruasi.

Sikap anda terhadap akne tidak berhubungan dengan parah tidaknya akne yang diderita. Beberapa orang dengan akne berat tidak merasa terganggu. Tetapi, sebagian lainnya sudah merasa sangat malu ketika mendapati diwajahnya beberapa bintik akne kecil.

Berita baiknya adalah, terdapat berbagai macam pengobatan yang dapat membantu mengontrol akne.

Penyebab Akne

Akne timbul jika minyak dan sel kulit yang mati menyumbat pori-pori kulit. Jika bakteri masuk ke pori-pori dan menyebabkan infeksi, akan timbul bengkak, kemerahan, bahkan nyer dan bernanah.

Akne biasanya timbul pada masa remaja. Hal ini terjadi karena perubahan hormon setelah masa pubertas membuat kulit lebih berminyak.

Anda tidak akan menderita akne jika makan coklat atau makanan berlemak. Tetapi akne akan memburuk jika menggunakan produk untuk kulit yang mengandung lemak, yang dapat menyumbat pori-pori anda.

Akne biasanya berhubungan dengan pertalian keluarga. Jika salah satu orang tua anda menderita akne berat, anda mempunyai kesempatan yang lebih besar menderita akne, walaupun tidak selalu.

Pengobatan Akne

Untuk menghindari akne, jagalah kebersihan kulit. Hindari produk untuk kulit yang dapat menyumbat pori-pori. Cucilah wajah anda satu atau dua kali sehari dengan sabun atau cream anti akne. Jangan menggosok atau memencet akne yang belum masak, karena akan merangsang terjadinya infeksi sehingga timbul sikatriks (bekas).

Untuk akne ringan, anda dapat mengobatinya dengan krim akne yang dijual bebas. Carilah yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Biasanya akan berhasil jika digunakan sesuai anjuran yang tertera pada kemasannya.

Perlu waktu agar akne dapat teratasi. Cobalah menggunakan pengobatan yang sama selama 6 sampai 8 minggu. Jika akne anda tidak membaik setelah 8 minggu, cobalah produk lain atau hubungi dokter anda.

Jelly atau krim yang diresepkan dokter mungkin cocok untuk anda. Dokter biasanya juga memberi anda antibiotik. Pengobatan kombinasi ini biasanya berhasil baik. Jika anda seorang wanita, pil KB biasanya cukup membantu.

Jika akne anda sudah berbentuk kista, dokter anda biasanya memberikan obat yang lebih keras. Isotretinoin biasanya hasilnya cukup baik, tatapi obat ini dapat menyebabkan depresi, gangguan janin, atau meningkatkan kolesterol darah. Beritahulah dokter anda jika anda mempunyai depresi sebelum diresepkan obat tersebut. Dan jika anda wanita dan sudah menikah, pastikan anda menggunakan dua cara KB sekaligus. Satu dosis isotretinoin saja dapat menyebabkan gangguan janin jika diminum saat hamil. (Diadapatasi dari: www.webmd.com)


___________________________