Hemoroid (Ambien, Wasir)


Hemoroid adalah keadaan dimana vena di sekitar anus atau rektum bagian bawah mengalami pembengkakan dan peradangan.

Hemoroid dapat terjadi akibat dari mengedan terlalu keras saat buang air besar. Faktor lain antara lain yang dapat menimbulkan hemoroid adalah kehamilan, usia, konstipasi atau diare kronik, dan hubungan seksual lewat anus.

Hemoroid dapat berlokasi di dalam anus (hemoroid internal) atau berlokasi di sekitar kulit anus (hemoroid eksternal).

Gejala Hemoroid

Beberapa gangguan anorektal seperti fissura, fistula, abses, atau iritasi dan gatal (pruritus ani) mempunyai gejala yang mirip dan seringkali disangka sebagai hemoroid.

Hemoroid biasanya tidak berbahaya apalagi sampai menimbulkan kematian. Pada sebagian besar kasus, gejala hemoroid akan menghilang dalam beberapa hari.

Walaupun banyak orang menderita hemoroid, tetapi tidak semuanya merasakan gejala. Gejala yang paling sering dari hemoroid internal adalah buang air besar disertai darah segar. Hemorid internal dapat menonjol keluar lewat anus dan mengalami iritasi dan nyeri.

Gejala hemoroid eksternal meliputi pembengkakan disertai nyeri atau timbul gumpalan keras disekitar anus sebagai akibat pembentukan bekuan darah. Keadaan ini dikenal sebagai hemoroid eksternal trombosis.

Selain itu, mengedan terlalu keras, menggosok atau membersihkan wilayah anus dapat menyebabkan iritasi disertai perdarahan dan/atau gatal. Mukus yang keluar juga dapat menyebabkan gatal.

Frekuensi

Hemoroid umumnya mengenai pria dan wanita. Sekitar setengah penduduk menderita hemoroid pada umur 50 tahunan. Hemoroid juga sering terjadi pada wanita hamil. Tekanan janin pada abdomen, juga perubahan hormonal, menyebabkan pembesaran pembuluh darah hemorrhoidal. Pembuluh darah ini juga akan mengalami tekanan yang besar selama proses kelahiran. Pada kebanyakan wanita, hemoroid pada kehamilan merupakan gejala sementara.

Diagnosis

Jika ditemukan darah keluar dari anus atau keluar bersama tinja, maka pemeriksaan menyeluruh sebaiknya dilakukan, karena gejala seperti ini tidak hanya dimiliki oleh hemoroid tapi juga terdapat pada kanker kolorektal.

Dokter akan memeriksa anus dan rektum untuk melihat pembengkakan pembuluh darah yang menjadi tanda hemoroid. Selain itu juga, dokter akan melakukan pemeriksaan colok dubur untuk meraba adanya abnormalitas.

Untuk melihat keadaan rektum, dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan anoskop. Alat ini berguna untuk melihat hemoroid internal. Selain itu juga dapat digunakan proktoskop. Alat ini dapat memeriksa keseluruhan rektum.

Untuk menyingkirkan penyebab perdarahan gastrointestinal lainnya, dokter dapat memeriksa rektum dan kolon bagian bawah, atau sigmoid, dengan sigmoidoskopi atau seluruh kolon dengan kolonoskopi. Sigmoidoskopi dan kolonoskopi merupakan prosedur diagnostik yang menggunakan alat berupa pipa fleksibel yang dilengkapi dengan lampu, yang dimasukkan melalui rektum.

Pengobatan

Terapi medis untuk hemoroid bertujuan untuk memperbaiki gejala. Langkah untuk mengurangi gejala antara lain :

  1. Berendam beberapa kali sehari dalam air hanga selama sekitar 10 menit.
  2. Mengoleskan krim hemoroidal atau suppositori pada daerah yang terkena dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mencegah kambuhnya hemoroid, tekanan atau mengedan akibat konstipasi harus dihilangkan. Dokter seringkali menganjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak serat dan buah-buahan. Makan serat dalam jumlah yang cukup dan minum enam sampai delapan gelas sehari akan menyebabkan lunaknya tinja. Tinja yang lunak akan keluar dari anus dengan mudah dan tidak perlu lagi mengedan dengan keras. Menghilangkan tekanan juga membantu mencegah hemoroid untuk keluar.

Sumber serat yang baik adalah buah-buahan, sayur mayur, dan biji-bijian. Selain itu, dokter mungkin akan memberikan pelunak tinja atau suplemen serat seperti psyllim atau metilselulosa.

Pada beberapa kasus, hemorid harus diterapi dengan menggunakan endoskopi atau pembedahan. Metode ini digunakan untuk mengecilkan atau membuang jaringan hemoroidal. Dokter akan melakukan tindakan pada kunjungan tempat praktek atau rumah sakit.

Sejumlah metode biasanya digunakan untuk menghilangkan atau mengurangi ukuran hemoroid internal. Teknik tersebut antara lain :

  1. Pengikatan dengan gelang  karet. Sebuah gelang  karet dipasang disekitar dasar hemorid yang terdapat dalam rektum. Gelang karet akan menghentikan sirkulasi dan hemoroid mengecil dalam beberapa hari.
  2. Skleroterapi. Suatu zat kimia disuntikan disekitar pembuluh darah untuk mengecilkan hemoroid.
  3. Koagulasi inframerah. Suatu alat khusus yang digunakan untuk membakar jaringan hemoroid.
  4. Hemoroidektomi. Kadang-kadang hemoroid internal atau eksternal yang parah membutuhkan pengangkatan dengan, dikenal sebagai hemoroidektomi.

Pencegahan

Cara terbaik untuk mencegah hemoroid adalah menjaga agar tinja selalu lunak sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah. Tindakan ini akan mengurangi tekanan dan kekuatan saat mengedan. Selain itu, segera buang air besar saat rasa ingin buang air besar muncul. Olahraga seperti jalan, dan meningkatkan konsumsi serat akan membantu mengurangi konstipasi dan usaha untuk mengedan.