Apa yang perlu diketahui tentang konstipasi?


Apa yang dimaksud dengan konstipasi?

Konstipasi berarti seseorang hanya buang air besar tiga kali atau kurang dalam seminggu. Tinjanya keras dan kering. Kadang-kadang timbul nyeri di anus saat buang air.

Sebagian orang berpikir bahwa sebaiknya mereka buang air besar setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Tidak ada jumlah yang "tepat" berapa kali harus buang air besar. Setiap orang mempunyai pola buang air besar masing-masing. Pola tersebut tergantung pada makanan yang dimakan, olahraga yang dilakukan, dan hal-hal lainnya.

Sekali waktu, hampir semua orang akan mengalami konstipasi. Pada kebanyakan kasus, gangguan tersebut tidak terlalu serius dan biasanya berlangsung singkat. Jika kita memahami penyebab konstipasi, kita dapat mencegah gangguan ini.

Bagaimana mencegah atau mengobati konstipasi?

Mengubah jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dan melakukan olah raga dapat membantu menyembuhkan atau mencegah konstipasi. Beberapa langkah yang dapat diambil antara lain:

Makan lebih banyak serat.

Serat akan membuat tinja lebih lunak dan lebih banyak. Serat ditemukan pada sayur-sayuran, buah-buahan, dan padi-padian. Sedangkan makanan yang sedikit atau tidak mengandung serat antara lain es krim, keju, daging, makanan ringan seperti keripik dan pizza, makanan yang telah diproses seperti kentang tumbuk instan dan makanan beku yang siap dihidangkan.

Berikut makanan yang mengandung banyak serat.

  • Buah-buahan, sayur-sayuran, sereal, padi-padian dan kacang-kacangan.
  • Apel
  • Buah persik
  • Brokoli, mentah
  • Kubis, mentah
  • Wortel, mentah
  • Bunga kol, mentah
  • Bayam, sudah dimasak
  • dll

Minum banyak air dan cairan lain seperti jus buah atau sayuran dan kuah sup.

Cairan membantu tinja menjadi lunak dan mudah keluar, jadi sangat penting untuk minum cukup cairan. Usahakan menghindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol. Kafein dan alkohol cenderung untuk mengeringkan sistem pencernaan anda.

Cukup olah raga

Olah raga yang teratur membantu sistem pencernaan anda tetap aktif dan sehat. Anda tidak perlu berlatih seperti laiknya atlet profesional. Anda hanya butuh berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit sehari.

Berikan waktu yang cukup untuk buang air besar

Kadang-kadang kita merasa sangat sibuk sehingga kita tidak memperhatikan kebutuhan tubuh kita. Pastikan anda tidak mengabaikan keinginan untuk buang air besar.

Gunakan laksatif hanya jika dokter menganjurkannya

Laksatif adalah obat yang membuat anda dapat buang air besar. Kebanyakan orang yang mengalami konstipasi yang tidak terlalu berat tidak membutuhkan laksatif. Tetapi, jika anda telah melakukan berbagai macam saran untuk menyembuhkan konstipasi anda tapi tidak ada perubahan, dokter anda mungkin akan menganjurkan penggunaan laksatif dalam waktu terbatas.

Dokter anda akan memberitahukan kepada anda jika anda butuh laksatif dan jenis laksatif apa yang cocok buat anda. Laksatif dapat berbentuk: cair, permen karet, pil, dan bubuk yang mesti dicampur dengan air.

Konsultasikan dengan dokter obat-obat yang sedang anda minum

Beberapa obat dapat menyebabkan konstipasi. Obat-obat tersebut antara lain tablet kalsium, pereda nyeri yang mengandung kodein, antasid, zat besi, diuretik, dan obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi depresi. Jika anda menggunakan obat-obat lain, konsultasikan dengan dokter anda apakah obat tersebut yang menyebabkan konstipasi anda.

Hal Penting untuk Diingat :

  • Sekali waktu, hampir semua orang akan mengalami konstipasi.
  • Banyak orang berpikiran bahwa mereka mengalami konstipasi, walaupun sebenarnya tidak.
  • Pada sebagian besar kasus, langkah-langkah berikut akan mencegah timbulnya konstipasi :
    1. Variasikan makanan yang kita makan. Tambahkan kacang-kacangan, padi-padian, dan buah-buahan segar serta sayur-sayuran segar.
    2. Minum banyak air.
    3. Olah raga secara teratur.
    4. Jangan abaikan keinginan untuk buang air besar.
    5. Memahami bahwa kebiasaan buang air besar berbeda untuk setiap orang.
    6. Jika kebiasaan buang air besar anda berubah, konsultasikan dengan dokter.
  • Sebagian besar orang dengan konstipasi ringan tidak membutuhkan laksatif. Tetapi, dokter mungkin akan menganjurkan penggunaan laksatif dalam jangka waktu tertentu pada orang-orang yang mengalami konstipasi kronik.
  • Obat-obatan yang anda minum, jika anda menderita suatu penyakit, juga dapat menyebabkan konstipasi.

  • Dikutip dari What I need to know about Constipation.