Asma


Asma adalah penyakit kronik yang mengenai saluran napas. Saluran napas adalah organ yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara dari dan ke paru-paru. Jika terkena asma, dinding dalam saluran napas akan mengalami peradangan (bengkak). Peradangan menyebabkan saluran napas lebih peka, dan cenderung untuk bereaksi kuat dengan hal-hal yang dapat menimbulkan alergi atau iritasi. Jika terjadi reaksi, jalan napas akan menyempit, dan aliran udara yang dapat mencapai paru-paru lebih sedikit.

Penyempitan jalan napas menimbulkan: bunyi wheezing (mengik) saat bernapas, batuk, kesulitan bernapas, terutama pada malam hari dan pagi hari.

Asma tidak dapat disembuhkan secara total, tetapi penyakit ini dapat dikontrol sehingga gejala menjadi lebih jarang timbul dan penderitanya dapat beraktifitas secara normal.

Jika gejala asma lebih hebat dari biasanya, maka keadaan dinamakan episode atau serangan asma. Selama serangan asma, otot-otot di sekitar saluran napas akan berkontraksi, menyebabkan saluran napas bertambah sempit sehingga hanya sedikit udara yang melewatinya. Peradangan bertambah, dan saluran napas menjadi lebih bengkak dan lebih menyempit lagi. Sel-sel pada saluran napas juga akan memproduksi lebih banyak mukus dibanding biasanya. Mukus yang berlebihan ini juga turut menyempitkan jalan napas. Perubahan-perubahan ini membuat bernapas menjadi sangat sulit.

Serangan asma tidak semuanya sama – beberapa serangan lebih parah daripada serangan lainnya. Pada serangan asma berat, banyak saluran napas yang tersumbat sehingga oksigen tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan organ vital. Keadaan ini merupakan kegawatdaruratan medik. Kematian dapat terjadi pada serangan asma berat.

Jadi, jika anda menderita asma, sebaiknya berobat/konsultasi teratur dengan dokter anda. Anda harus mempelajari apa saja yang membuat asma anda kambuh dan cara untuk menghindarinya. Dokter anda juga akan meresepkan obat agar asma anda dapat dikontrol.

Peduli pada asma anda merupakan bagian penting dari hidup anda. Cara mengontrolnya adalah dengan berkonsultasi secara rutin dengan dokter anda mengenai apa yang semestinya dilakukan, menghindari hal-hal yang menimbulkan gangguan pada saluran napas anda, minum obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan, dan memonitor asma anda sehingga anda dapat berespon dengan cepat terhadap tanda-tanda serangan. Dengan mengontrol asma setiap hari, gejala yang lebih parah dapat dicegah dan anda dapat beraktifitas secara normal.

Jika asma anda tidak terkontrol dengan baik, maka berbagai gejala asma yang berat akan muncul. Akibatnya anda harus libur dari sekolah atau pekerjaan atau melakukan pekerjaan-pekerjaan lainnya. Asma merupakan salah satu penyebab utama anak libur dari sekolah.

Diterjemahkan dari What Is Asthma?