Demam Berdarah Dengue


Apa ciri khas demam berdarah?

Ciri khas penyakit demam berdarah dengue adalah demam, sakit kepala, mual, atau nyeri ulu hati. Kadang-kadang muncul bintik merah di kulit termasuk wajah. Bintik merah tersebut tidak menghilang jika ditekan.

Apa penyebab demam berdarah?

Penyebab penyakit demam berdarah dengue adalah virus dengue. Virus ini masuk ke tubuh penderita lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus.

Virus dengue yang ada dalam tubuh nyamuk berasal dari darah penderita demam berdarah dengue lain (penularan horizontal) atau berasal dari induk nyamuk (penularan vertikal).

Apa gejala demam berdarah?

Gejala utama penyakit demam berdarah dengue adalah demam. Awalnya ada demam tinggi, selang empat atau lima hari kemudian suhu tubuh akan turun, lalu selanjutnya suhu tubuh naik kembali tapi tidak terlalu tinggi. Pola demam seperti ini disebut dengan pola pelana kuda.

Selain demam, gejala yang menonjol adalah sakit kepala terutama di belakang mata, badan pegal-pegal, persendian sakit, dan mual-mual, serta nyeri ulu hati. Pada beberapa kasus dapat ditemukan muntah hebat atau diare.

Beberapa hari sejak mulai demam, dapat muncul bintik merah di kulit yang tidak menghilang jika ditekan. Kadang-kadang ada mimisan, muntah darah, atau buang air besar berdarah. Manifestasi tersebut adalah akibat turunnya kadar sel pembeku darah (trombosit). Dalam dunia medis disebut sebagai trombositopenia.

Perdarahan dan keluarnya cairan dalam jumlah banyak menyebabkan turunnya tekanan darah, sehingga darah sulit mencapai organ-organ vital tubuh seperti otak, ginjal, hati, jantung, dan lain-lain. Kondisi ini akan memicu timbulnya kerusakan organ, bahkan koma. Istilah medis untuk keadaan ini adalah syok hipovolemik, ditandai dengan kaki dan tangan teraba dingin, bibir dan kulit kebiruan, serta kesadaran menurun.

Apa saja pemeriksaan demam berdarah?

Untuk laboratorium, yang diperiksa adalah darah lengkap. Hasilnya biasanya menunjukkan adanya trombositopenia dan peningkatan hematokrit.

Pemeriksaan laboratorium canggih lainnya dapat dilakukan untuk memastikan penyakit ini. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan antibodi (IgM dan IgG dengan metode uji cepat atau ELISA), pemeriksaan antigen (NS1), atau pemeriksaan menggunakan mesin Polimerase Chain Reaction (PCR). Sayangnya, pemeriksaan-pemeriksaan tersebut biayanya cukup mahal.

Bagaimana pengobatan demam berdarah?

Pengobatan virus dengue tidak ditujukan untuk melenyapkan virus dengue, karena sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat membunuh virus tersebut. Lagi pula, virus biasanya akan dilenyapkan oleh daya tahan tubuh setelah beberapa hari perjalanan penyakit. Pengobatan lebih ditujukan untuk meminimalkan risiko penyakit dan meringankan gejala.

Untuk mengatasi turunnya tekanan darah, penderita diinfus dengan cairan dalam jumlah cukup. Jika perdarahan terus terjadi, dapat dilakukan transfusi darah, baik darah secara keseluruhan (whole blood), atau hanya komponen trombosit saja.

Pengobatan lainnya bersifat pendukung, misalnya asetaminofen untuk mengatasi demam dan sakit kepala, metoklopramid atau domperiodon untuk obat mual muntah, dan lain-lain.

Bagaimana pencegahan demam berdarah?

Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan mengendalikan jumlah nyamuk Aedes, yaitu dengan gerakan 3M plus (Menutup, Menguras, dan Mengubur, Bubuk Abate, dll), serta menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan kelambu, repelen, dan lain-lain.

Seberapa bahayakah?

Pada beberapa kasus, penyakit demam berdarah dengue dapat berakhir fatal. Kematian terjadi akibat syok hipovolemik yang disusul oleh kegagalan organ tubuh. Hal ini sebenarnya bisa dihindari jika penyakit ini dapat dikenali lebih awal dan ditangani secara cepat dan tepat.

Apa nama lain demam berdarah?

Penyakit demam berdarah dengue disebut juga dengan DHF (Dengue Hemorrhagic Fever). Penyakit yang lebih parah disebut dengan DSS (Dengue Shock Syndrome).