PENGERTIAN PTERYGIUM


Apa pengertian pterygium?

Pengertian pterygium adalah adanya daging tumbuh pada bagian putih mata (konjungtiva). Biasanya terlihat berbentuk segitiga dimana bagian runcingnya mengarah ke mata hitam. Walaupun merupakan pertumbuhan yang tidak normal, pterygium bukanlah suatu keganasan atau kanker.

Apa penyebab pterygium?

Penyebab pasti pterygium tidak diketahui, tetapi sering dihubungkan dengan paparan sinar ultraviolet dari matahari, mata yang cenderung kering, dan iritasi oleh angin atau debu.

Apa gejala pterygium?

Gejala pterygium antara lain mata tampak merah, meradang, ada rasa mengganjal, keluar banyak air mata, atau mata terasa gatal dan kering. Jika sudah parah dan tumbuh masuk ke mata hitam, pterygium dapat mengaburkan pandangan.

Bagaimana cara pencegahan pterygium?

Langkah pencegahan pterygium adalah memakai kacamata hitam atau topi untuk mencegah paparan sinar matahari. Bagi pengendara sepeda motor, dapat menggunakan kacamata pelindung untuk mencegah paparan angin atau debu. Pemakaian air mata buatan juga dianjurkan agar pterygium tidak bertambah parah.

Bagaimana cara pengobatan pterygium?

1. Untuk pterygium yang tidak bergejala, tidak perlu diobati, hanya dilakukan langkah-langkah pencegahan agar pterygium tidak semakin melebar.

2. Untuk pterygium ringan, pengobatan sesuai gejala yang timbul. Jika mata kering diobati dengan tetes mata yang bersifat sebagai pelumas. Jika mata iritasi dan merah diberi obat tetes mata yang bersifat sebagai vasokonstriktor (mengecilkan pembuluh darah mata). Jika mata mengalami peradangan, diberi obat tetes mata mengandung antiradang.

3. Untuk pterygium berat, misalnya sudah sangat mengganjal atau sudah mengganggu penglihatan, dapat dilakukan operasi pengangkatan pterygium. Tetapi meskipun sudah dioperasi dan diangkat tuntas, pterygium dapat tumbuh kembali dan membutuhkan operasi pengangkatan lagi beberapa tahun kemudian.