GONDONGAN


Apa pengertian penyakit gondongan?

Penyakit gondongan adalah penyakit virus yang hanya mengenai manusia dan penularannya terjadi dari manusia ke manusia. Penyakit ini terutama mengenai kelenjar ludah (parotis), baik kelenjar ludah kiri maupun kanan, atau keduanya.

Apa penyebab penyakit gondongan?

Penyebab gondongan adalah virus Mumps. Virus ini sangat menular. Penularan terjadi lewat percikan ludah yang keluar saat penderita berbicara, bersin, atau batuk. Virus juga dapat menular secara tidak langsung lewat benda-benda yang terkontaminasi misalnya bantal, pakaian, sprei, dan lain-lain.

Sesaat setelah menginfeksi, virus tidak langsung menimbulkan gejala. Ada jeda waktu sekitar 14-18 hari, periode ini disebut dengan masa inkubasi.

Apa saja gejala penyakit gondongan?

Gejala awal gondongan adalah demam, sakit kepala, nyeri otot dan persendian, kurang nafsu makan, mual atau muntah. Setelah dua atau tiga hari, akan muncul pembengkakan di pipi kiri atau kanan atau keduanya. Pembengkakan tersebut adalah akibat dari peradangan kelenjar ludah.

Pada beberapa orang, khususnya laki-laki dapat terjadi radang buah z****, disebut sebagai orchitis. Selain itu, walaupun jarang dapat juga terjadi peradangan otak atau meningitis.

Bagaimana pengobatan penyakit gondongan?

Sampai saat ini belum ada terapi khusus untuk membasmi virus Mumps. Untungnya, virus dalam beberapa hari akan dilenyapkan oleh daya tahan tubuh.

Pengobatan hanya ditujukan untuk meringankan gejala. Untuk demam dan nyeri otot, diberikan obat parasetamol atau ibuprofen. Selain itu, untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan, pipi dikompres dengan air dingin.

Orang yang pernah terkena penyakit gondongan akan memperoleh kekebalan seumur hidup terhadap penyakit ini.

Apa saja langkah pencegahan agar tidak terkena?

Langkah pencegahan adalah pemberian vaksin MMR pada anak-anak usia 12 sampai 15 bulan, dan pemberian ulang pada usia 4 – 6 tahun. Vaksin MMR tidak hanya mencegah penyakit gondongan (Mumps) tapi juga campak (Measles), dan Rubella.