Hormon Insulin


Hormon insulin adalah hormon yang secara alami dikeluarkan oleh pankreas ke dalam aliran darah dan kemudian beredar ke seluruh tubuh.

Fungsi insulin adalah membantu gula dalam darah masuk ke dalam sel. Jika insulin sangat sedikit atau tidak ada atau tidak bisa berfungsi normal, maka gula tidak dapat masuk ke dalam sel. Akibatnya gula tidak dapat digunakan untuk membuat energi. Keadaan ini menyebabkan sel 'kelaparan'.

Gula yang tidak dapat masuk ke dalam sel akan berada dalam konsentrasi tinggi di dalam darah. Jika berlangsung lama dapat menyebabkan penyakit diabetes. Salah satu cara mengobati penyakit diabetes adalah dengan penyuntikan insulin.

Dulu penderita diabetes mendapat insulin dari babi, karena insulin babi paling mirip dengan insulin manusia. Tetapi saat ini karena kemajuan teknologi, insulin sudah dapat diproduksi secara rekayasa genetik menggunakan bakteri E. coli. Insulin ini hampir sama persis dengan insulin manusia alami.

Ditinjau dari jenis gangguan insulin, penderita diabetes dibagi menjadi dua, yaitu diabetes tipe 1 (pankreas tidak memproduksi cukup insulin) dan diabetes tipe 2 (insulin tidak dapat berfungsi normal).