Obat Alpara


Apa isi obat Alpara?

Sediaan obat alpara terdiri dari dua jenis, yaitu kaplet dan sirup.

Isi alpara kaplet adalah parasetamol 500 mg, fenilpropanolamin HCL 12,5 mg, klorfeniramini maleat 2 mg, dekstrometorfan HBr 15 mg.

Sedangkan isi alpara sirup adalah parasetamol 125 mg, fenilpropanolamin HCL 3,125 mg, klorfeniramini maleat 0,5 mg, dekstrometorfan HBr 3,75 mg.

Apa manfaat obat Alpara?

Manfaat obat alpara adalah untuk meringankan gejala batuk flu yaitu demam, sakit kepala, badan pegal-pegal, hidung tersumbat, bersin-bersin, pilek, dan batuk.

Bagaimana aturan pakai obat Alpara?

Aturan pakai alpara kaplet adalah, dewasa 3 kali sehari 1-2 kaplet, anak usia 6-12 tahun, 3 kali sehari ½ kaplet. Sedangkan aturan pakai alpara sirup adalah, anak usia 6-12 tahun, 3 sendok takar (5 ml), 3 kali sehari.

Alpara boleh dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan.

Apa efek samping obat Alpara?

Efek samping alpara antara lain mengantuk, mulut kering, gangguan pencernaan, denyut jantung cepat, irama jantung tidak beraturan, jantung berdebar, gangguan kencing, dan gangguan hati, terutama pada pemakaian dosis besar dan lama.

Siapa yang tidak boleh mengkonsumsi obat Alpara?

Orang yang tidak boleh mengkonsumsi alpara adalah orang yang sensitif terhadap obat simpatomimetik seperti efedrin, pseudoefedrin, fenilefrin. Selain itu, orang dengan penyakit jantung, kencing manis, dan gangguan fungsi hati berat juga tidak boleh.