Kepanjangan dari Singkatan BPJS


Apa kepanjangan dari singkatan BPJS?

Kepanjangan BPJS yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Lembaga ini dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011. Lembaga asuransi milik pemerintah seperti ASKES dan JAMSOSTEK  melebur masuk ke dalam BPJS.

Kepesertaan BPJS mencakup seluruh rakyat Indonesia atau orang asing yang tinggal lebih dari 6 bulan di Indonesia. BPJS resmi beroperasi sejak 1 Januari 2014.

Bagi orang yang tidak mampu atau orang miskin, iuran BPJS dibayarkan oleh pemerintah dan disebut sebagai Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI). Siapa saja yang berhak menjadi PBI ditetapkan sesuai dengan undang-undang.

Sedangkan bagi mereka yang diluar PBI, dimasukkan ke dalam kategori Bukan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (Non PBI), terdiri dari Pekerja Penerima Upah (misalnya PNS, TNI/Polri, Perusahaan Swasta, dll) dan Pekerja Bukan Penerima Upah (misal wiraswata, veteran, pensiunan, dll).

Pendaftaran BPJS dapat dilakukan secara online di taut berikut www.bpjs-kesehatan.go.id. Di taut tersebut juga dapat ditemukan beragam informasi resmi mengenai BPJS, misalnya tarif iuran, syarat kepesertaan, manfaat, dan lain-lain.