Nama Jamur Penyebab Panu


Apa nama jamur penyebab panu?

Nama jamur penyebab penyakit panu adalah Malassezia furfur (Pityrosporum ovale). Dibawah mikroskop, jamur ini tampak seperti benang-benang yang mempunyai spora bergerombol. Untuk memastikannya dapat dilakukan pemeriksaan KOH menggunakan lampu Wood’s.

Info seputar penyakit panu:

(1) Bahasa latin penyakit panu adalah tinea versicolor, kadang-kadang disebut juga pityriasis versicolor. Dalam bahasa latin, versicolor artinya perubahan warna.

(2) Penyakit panu pertama kali diidentifikasi pada tahun 1846.

(3) Ciri penyakit panu adalah perubahan warna kulit, batasnya jelas dengan kulit normal, dan kadang-kadang timbul gatal.

(4) Pada dasarnya seluruh tubuh dapat terkena penyakit ini, tetapi yang paling sering adalah bahu, punggung, dada. Walaupun jarang, wajah juga dapat terkena.

(5) Pengobatan penyakit panu bisa dengan obat salep mapun dengan obat minum. Obat-obat tersebut mengandung antijamur seperti ketokonazol, mikonazol, klotiimazol, dll. Agar efektif, pengobatan harus dilakukan dalam jangka waktu panjang, misalnya 10-14 hari. Jika masa pengobatan pendek, panu mungkin tidak sembuh atau dapat kambuh kembali.