Pengertian Albuminuria


Apa pengertian albuminuria?

Pengertian albuminuria adalah ditemukannya albumin di dalam urin. Albumin termasuk ke dalam golongan protein, di samping globulin, kolagen, elastin, keratin dan lain-lain. Di dalam darah manusia, albumin lah yang paling tinggi kadarnya.

Dalam keadaan normal, albumin tidak ditemukan di dalam urin. Ukurannya yang lebih besar daripada pori-pori saringan ginjal menyebabkannya tidak dapat lolos.

Bagaimana cara pemeriksaannya?

Ada dua cara pemeriksaan albuminuria, pertama dengan mengumpulkan urin selama 24 jam kemudian memeriksa kadar albumin di dalamnya. Cara kedua, dengan sampel urin sewaktu kemudian diperiksa menggunakan alat yang disebut dipstick.

Jika dua kali pemeriksaan dalam waktu berselang menunjukkan hasil positif, baru disebut albuminuria. Menurut kadar albumin yang ditemukan, albuminuria dibagi menjadi 2 kategori, yaitu mikroalbuminuria dan makroalbuminuria. Disebut mikroalbuminuria jika kadar albumin antara 30 – 300 mg/24 jam, sedangkan makroalbuminuria jika kadar albumin di atas 300 mg/24 jam.

Apa penyebab albuminuria?

Keadaan atau penyakit yang ditandai oleh kerusakan saringan ginjal dapat menyebabkan albuminuria. Penyakit-penyakit tersebut misalnya, nefritis, sindrom nefrotik, diabetes, tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan lain-lain.

Albuminuria juga dapat terjadi pada keadaan-keadaan seperti olah raga yang sangat berat, infeksi saluran kemih, atau saat demam tinggi. Pada keadaan ini biasanya tidak ada kerusakan ginjal.

Bagaimana pengobatan albuminuria?

Prinsip pengobatan albuminuria adalah dengan mengendalikan atau menyembuhkan penyakit dasarnya. Jika albuminuria karena diabetes, maka penyakit diabetes harus dikendalikan sehingga kadar gula darah berada dalam rentang normal. Hal ini akan mencegah kerusakan saringan ginjal lebih lanjut. Demikian pula dengan penyakit hipertensi, tekanan darah dipertahankan pada nilai normalnya.

Selain itu, penggunaan obat-obat seperti ACE inhibitor atau angiotensin reseptor bloker juga dapat memperbaiki albuminuria pada beberapa keadaan.