Pengertian Hematuria


Apa pengertian hematuria?

Pengertian hematuria adalah adanya sel darah merah di dalam urin atau air seni. Menurut penampakan air seni, hematuria terbagi dua yaitu hematuria nyata (gross hematuria) dan hematuria samar (hematuria mikroskopik). Pada hematuria nyata, air seni mengalami perubahan warna, dari merah muda sampai merah tua, bahkan kadang-kadang disertai dengan gumpalan darah. Sedangkan pada hematuria samar, warna air seni tetap normal, jernih atau agak kekuningan. Sel darah merah baru terlihat jika air seni diperiksa dibawah mikroskop.

Apa penyebab hematuria?

Hematuria terjadi jika ada perdarahan pada saluran kemih. Perdarahan bisa terletak di ginjal, ureter, kandung kemih, atau urethra. Penyebab perdarahan antara lain adalah infeksi, batu, cedera, kanker, gangguan pembekuan darah, atau obat-obatan seperti aspirin, warfarin, atau klopidogrel. Pada beberapa kasus, penyebab hematuria mungkin tidak diketahui, walaupun berbagai pemeriksaan sudah dilakukan.

Bagaimana pengobatan hematuria?

Pengobatan hematuria tergantung pada penyebabnya. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, diobati dengan antibiotik. Jika disebabkan oleh batu saluran kemih, batu diusahakan keluar baik dengan pemberian obat-obatan, pembedahan, atau cara lainnya. Sedangkan jika hematuria terjadi karena penggunaan obat-obatan, maka obat tersebut harus dihentikan.