Pengertian Tuba Fallopi


Apa pengertian tuba fallopi?

Tuba fallopi adalah saluran yang menghubungkan antara indung telur (ovarium) dengan rahim (uterus). Oleh karena itu tuba fallopi sering juga disebut saluran indung telur.

Tuba fallopi ada dua buah, kiri dan kanan, menyesuaikan dengan jumlah indung telur. Saluran tersebut mempunyai panjang sekitar 10-13 cm dan diameter sekitar 0,5-1,2 cm.

Nama fallopi diambil dari nama penemunya yaitu Gabriele Falloppio, seorang ahli anatomi berkebangsaan Italia. Penemuan tersebut terjadi pada abad ke-16.

Fungsi tuba fallopi adalah sebagai saluran tempat lewat sel telur (ovum) dari tempat pematangannya di ovarium menuju rahim. Pergerakan sel telur melewati tuba fallopi dibantu oleh gerakan rambut-rambut kecil (silia) yang ada di permukaan dalam saluran. Sel telur membutuhkan waktu sekitar 3 atau 4 hari untuk sampai ke rahim. Fungsi lain tuba fallopi adalah sebagai tempat pembuahan sel telur oleh sel spe**a. Pembuahan terjadi saat sel telur bergerak turun menuju rahim.

Bagi wanita yang tidak ingin punya anak lagi, dapat meminta dokter untuk mengikat tuba fallopinya. Proses ini disebut tubektomi.