Obat Molexflu


Obat Molexflu adalah obat kombinasi yang berkhasiat untuk meredakan gejala flu atau pilek seperti hidung tersumbat, hidung gatal, dan bersin-bersin. Gejala lain yang kerap menyertai flu seperti demam, sakit kepala, badan pegal-pegal juga dapat ikut teratasi.

Obat Molexflu merupakan kombinasi 3 jenis obat, yaitu parasetamol, fenilpropanolamin, dan klorfeniramina maleat. Untuk kaplet, kandungannya berturut-turut adalah 500 mg, 12,5 mg, dan 2 mg. Sedangkan untuk per 5 ml sirup, kandungannya adalah 125 mg, 3,125 mg, dan 0,5 mg.

Disamping khasiatnya, pada beberapa kasus obat Molexflu dapat menyebabkan efek samping, antara lain mengantuk, pusing, mulut kering, atau jantung berdebar. Selain itu, jika diminum dalam jumlah sangat besar misalnya pada kasus penyalahgunaan atau ketidaksengajaan, dapat menyebabkan kerusakan hati.

Obat Molexflu sebaiknya tidak dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit darah tinggi, penyakit jantung, atau ginjal. Selain itu hindari penggunaan jika sedang hamil atau konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Dosis Molexflu adalah:

1) Dewasa: 3 kali sehari 1 kaplet
2) Anak usia 6 s/d 12 tahun: 3 kali sehari 1/2 kaplet atau 2 sendok takar (10 ml).

Obat Molexflu bisa dikonsumsi sebelum, saat, atau sesudah makan.