Pengertian Virus Ebola


Apa pengertian virus ebola?

Virus ebola adalah virus yang menyebabkan penyakit ebola. Virus ini termasuk dalam famili filoviridae. Sedangkan spesies virus ebola terdiri dari 5 yaitu bundibugyo, zaire, reston, sudan dan Tai Forest ebolavirus.

Virus ebola diketahui menyebar pertama kali di Sudan dan Kongo pada tahin 1976. Di Kongo, kasus ebola terjadi pada kampung yang terletak dekat sungai Ebola. Dari sinilah nama virus ini berasal.
Virus ebola sangat mematikan. Lebih dari 90% kasus berakhir dengan kematian.

Virus ebola ditularkan melalui kontak erat seseorang dengan darah, cairan tubuh, atau jaringan dari hewan atau manusia yang terinfeksi. Virus ebola kemudian masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak, lalu  menimbulkan berbagai macam gejala pada mereka yang terinfeksi. Gejala tersebut antara lain adalah demam mendadak, sakit kepala, persendian nyeri, mual muntah, diare, mata merah, perdarahan mata, kulit, dan organ dalam. Pada keadaan yang sangat parah, dapat keluar darah dari hidung, mulut, telinga, dll.

Sampai saat ini belum ada obat dan vaksin untuk membunuh virus ebola. Perawatan biasanya bersifat simptomatik, tergantung dari gejala yang muncul.