Fungsi Jantung Bagi Manusia


Apa fungsi jantung bagi manusia?
Fungsi jantung bagi manusia adalah untuk memompa darah. Jantung sisi kanan akan menerima darah dari seluruh tubuh dan memompanya ke paru-paru. Jantung sisi kiri akan menerima darah dari paru-paru dan memompanya ke seluruh tubuh. Dengan demikian, darah akan terus menerus berputar di dalam tubuh. Oleh karena itu, peredaran darah disebut juga sistem sirkulasi.

Apa yang terjadi jika jantung tidak berfungsi dengan baik?
Jika jantung tidak berfungsi dengan baik, maka darah yang dipompa ke tubuh menjadi berkurang. Akibatnya sel-sel tubuh termasuk sel-sel pada organ penting seperti otak dan jantung akan kekurangan oksigen dan zat makanan dan dapat mengalami kematian. Selain itu, darah di seluruh tubuh akan mengalami kesulitan kembali ke jantung. Hal ini menyebabkan terjadinya bendungan yang kadang-kadang bermanifestasi sebagai bengkak kaki atau sesak nafas (sembab).

Apa saja macam-macam gangguan jantung?
Ada banyak jenis gangguan jantung, contohnya ada kebocoran antar ruangan-ruangan jantung, klep jantung tidak menutup atau tidak membuka dengan baik, pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan makanan ke jantung mengalami penyempitan atau penyumbatan (penyakit jantung koroner), gangguan irama jantung, dan lain sebagainya.

Jantung terletak di mana?
Jantung terletak di rongga dada agak kekiri, di atas lambung.