Pengertian Bradikardi


Apa pengertian bradikardi?

Bradikardi adalah adalah keadaan dimana jantung berdenyut lebih lambat dari normal. Dalam keadaan normal, jantung berdetak sekitar 60-100 kali per menit. Pada keadaan bradikardi, denyut jantung dibawah 60 kali per menit.

Info:

  1. Pada beberapa orang, bradikardi tidak bergejala dan tidak menimbulkan keluhan apa-apa. Misalnya pada anak remaja atau atlet. Tetapi pada sebagian lainnya, bradikardi dapat menyebabkan suplai darah ke seluruh tubuh terganggu. Gejalanya antara lain adalah pusing, lemas, pingsan atau rasa melayang, napas pendek, sakit dada, bingung dan sulit mengingat, dan mudah lelah saat beraktifitas fisik.
  2. Bradikardi terjadi karena adanya gangguan impuls listrik yang mengatur kontraksi otot jantung selama terjadinya denyut jantung.
  3. Pengobatan bradikardi antara lain adalah mengobati penyakit yang mendasarinya misalnya sleep apnea atau hipotiroidisme. Selain itu, jika sedang mengkonsumsi obat-obatan jantung, perlu dikaji kembali apakah obat tersebut yang menyebabkan terjadinya bradikardi. Jika ya, obat diganti. Pada beberapa kasus diperlukan pemasangan pacemaker, yaitu alat yang dapat mencetuskan arus listrik yang disalurkan ke otot jantung sehingga jantung dapat berdenyut sesuai dengan ritme yang diinginkan.