Pengertian RNA


Apa pengertian RNA?

RNA adalah rangkaian nukleotida yang saling terikat seperti rantai. Satu nukleotida RNA terdiri dari 3 senyawa yaitu gula ribosa, gugus fosfat, dan basa nitrogen. Ada 4 jenis basa nitrogen yang menyusun RNA yaitu Adenin (A), Sitosin (C), Guanin (G), dan Urasil (U).

RNA sangat mirip dengan DNA. Walaupun demikian ada perbedaan prinsip diantara keduanya. Perbedaan tersebut antara lain adalah: 
  • RNA merupakan singkatan dari ribonucleic acid, atau asam ribonukleat (ARN), sedangkan DNA adalah singkatan dari Deoxyribonucleic acid atau asam deoksiribosa (ADN).
  • DNA biasanya terdiri dari dua untai yang berpilin, sedangkan RNA hanya satu untai.
  • DNA mempunyai empat basa nitrogen, tiga basa sama dengan basa nitrogen RNA yaitu Adenin, Sitosin, dan Guanin. Sedangkan basa yang berbeda adalah Timin (T) pada DNA, Urasil (U) pada RNA.
  • Gugus gula pada DNA adalah deoksiribosa, sedangkan pada RNA adalah gula ribosa.
  • Secara alami, DNA membentuk RNA dan RNA membentuk protein. Protein sangat penting bagi makhluk hidup, misalnya untuk membentuk otot, darah, organ tubuh, hormon, enzim, dan lain-lain.

Umumnya mamalia dan tumbuhan mempunyai inti DNA, sedangkan virus ada yang berinti DNA ada yang RNA. Contoh yang virus RNA adalah virus demam berdarah, virus HIV, dan virus Polio.