Dimenhidrinat, Pencegah Mabuk Perjalanan


Bagi penderita 'mabuk perjalanan', obat yang satu ini sudah tidak asing lagi. Selain khasiatnya yang manjur, juga mudah di dapat. Tiap toko obat hampir pasti menjualnya.

Kita mengenalnya sebagai antimo®, dramamin®, dramasin®, atau stopmun®. Walaupun beda nama, semua obat ini mempunyai isi yang sama yaitu dimenhidrinat.

Dimenhidrinat termasuk golongan obat antihistamin. Obat ini bekerja dengan menekan fungsi telinga tengah, dimana terdapat alat pengatur keseimbangan. Tetapi, bagaimana dimenhidrinat mencegah mual, muntah, dan pusing masih belum diketahui.

Agar efektif, dimenhidrinat sebaiknya dikonsumsi 30 menit menjelang perjalanan dimulai. Dosis dapat diulang tiap 4 atau 6 jam kemudian. Jangan memberikan obat ini pada anak di bawah usia 5 tahun, kecuali atas petunjuk dokter.

Karena dapat menimbulkan kantuk, maka selama minum obat ini jangan menyetir mobil, menjalankan mesin, atau melakukan aktifitas yang membutuhkan konsentrasi. Selain kantuk, efek samping lain dari dimenhidrinat adalah penglihatan kabur, telinga berdengung, mulut kering, dll.
Penderita asma, bronkhitis kronis, emfisema, glaukoma, denyut jantung yang abnormal, pembesaran prostat, sebaiknya menghindari mengkonsumsi obat ini. Demikian juga wanita hamil dan menyusui.

Bacaan : 
  1. Dimenhidrinat.
  2. MedlinePlus: Dimenhydrinate.
  3. Drugs: Dimenhydrinate.
  4. Dramamine FAQ.