Pengertian Ikterus


Apa pengertian Ikterus?

Ikterus adalah kondisi dimana kulit dan mata berwarna kuning serta air kencing berwarna seperti teh tua. Kondisi tersebut disebabkan oleh meningkatnya bilirubin di atas nilai normal. Kadar bilirubin dapat meningkat pada berbagai macam penyakit, misalnya kerusakan sel darah merah dalam jumlah banyak (malaria), kerusakan sel-sel hati (hepatitis), penyumbatan saluran empedu (batu empedu), dan lain sebagainya.

Bilirubin adalah zat yang berasal dari pemecahan sel darah merah. Normalnya, bilirubin di proses di hati, kemudian dikeluarkan melalui saluran empedu menuju usus. Di usus, bilirubin akan keluar bersama tinja. Bilirubin lah yang menyebabkan tinja berwarna kuning.

Apakah ikterus berbahaya? Jawabannya relatif. Bahaya tidaknya ikterus tergantung pada penyebabnya. Jika penyebab dasarnya dapat diobati dengan baik, maka ikterus akan sembuh dengan baik pula. Begitu pun sebaliknya, jika penyebab dasarnya adalah penyakit yang sulit obatnya misalnya pengisutan hati (sirosis hepatis), maka ikterus dapat dikatakan merupakan kondisi berbahaya.

Bagaimana pengobatan ikterus? Prinsip pengobatannya adalah dengan mengatasi penyebab dasarnya. Misalkan ikterus yang terjadi karena batu empedu, maka dapat dilakukan operasi untuk mengangkat batu sehingga sumbatan hilang. Jika karena penyakit malaria, maka dapat diberikan obat antimalaria untuk membunuh parasit malaria yang menyebabkan rusaknya sel darah merah.