Pengertian Osteoporosis


Apa pengertian osteoporosis?

Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang mengalami kerapuhan sehingga mudah patah. Tulang yang paling sering terkena adalah tulang pergelangan tangan, tulang paha, dan tulang belakang. Sedangkan tulang lengan, tulang iga, dan tulang panggul juga dapat terkena tapi lebih jarang.

Apa penyebab osteoporosis?

Penyebab osteoporosis adalah berkurangnya kepadatan tulang. Sebenarnya, proses berkurangnya kepadatan tulang merupakan proses yang alamiah terjadi seiring dengan bertambahnya umur. Tetapi ada kondisi tertentu yang menyebabkan kepadatan tulang berkurang melebihi kecepatan normal, misalnya pada penyakit peradangan (arthritis rheumatoid, penyakit Crohn's, dll), kelainan kelenjar tiroid, penggunaan obat misalnya prednison dalam jangka waktu lama, minum alkohol, dan merokok.

Apa saja gejala osteoporosis?

Dalam perkembangannya, osteoporosis tidak memberikan gejala apapun. Biasanya seseorang baru diketahui menderita osteoporosis setelah mengalami patah tulang. Penyebab patah tulang kadang-kadang tidak jelas atau sangat ringan, misalnya jatuh dari tempat duduk atau jatuh saat berdiri. Bahkan, bersin dan batuk dapat menyebabkan patahnya tulang iga atau tulang belakang.

Apa pengobatan osteoporosis?

Pengobatan osteoporosis adalah dengan menjaga kepadatan tulang, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan kalsium. Jika sudah terjadi patah, maka pengobatan dilakukan untuk memperbaiki atau menyambung tulang tersebut. Jika tulang tidak bisa diperbaiki misalnya patahnya leher tulang paha, dapat diganti dengan tulang buatan.

Bagaimana mencegah osteoporosis?

Untuk mencegah terkena osteoporosis, langkah berikut dapat dipertimbangkan.
1. Konsumsi makanan yang cukup mengandung vitamin D dan kalsium. Jika kurang, bantulah dengan suplemen.
2. Lakukan olahraga teratur
3. Hindari alkohol dan berhenti merokok

Selain itu, untuk mengetahui apakah Anda berisiko terkena osteoporosis, dapat dilakukan pemeriksaan kepadatan tulang secara teratur.