Obat Suntik KB Triclofem


Apa isi obat Triclofem?

Isi obat Triclofem adalah medroksiprogesteron asetat.

Bagaimana cara kerja obat Triclofem?

Triclofem adalah bentuk sintetis dari hormon progesteron. Cara kerjanya adalah mencegah pelepasan telur dari indung telur dan meningkatkan ketebalan lendir di mulut rahim sehingga menghambat perjalanan sperma. Efektifitas Triclofem mencegah kehamilan hampir 100%.

Apa manfaat obat Triclofem?

Manfaat Triclofem adalah sebagai obat kontrasepsi.

Bagaimana aturan pakai obat Triclofem?

Aturan pakai obat Triclofem adalah dengan cara disuntikkan ke dalam otot bokong atau lengan atas. Jadwal penyuntikan adalah setiap 3 bulan atau 13 minggu. Suntikan pertama sebaiknya dilakukan dalam 5 hari pertama haid.Perlindungan terhadap kehamilan baru terjadi setelah 24 jam setelah penyuntikan.

Apa efek samping obat Triclofem?

Efek samping utama Triclofem adalah siklus haid tidak teratur atau bahkan terhenti sama sekali, serta berat badan bertambah. Efek samping lain yang mungkin terjadi adalah gugup, pusing, ulu hati tidak nyaman, sakit kepala, lelah, dan nyeri buah dada. Biasanya efek samping mulai berkurang setelah 3 bulan.

Pada wanita yang berhenti menggunakan Triclofem biasanya tidak langsung mengalami menstruasi, tapi butuh waktu sekitar 6 – 18 blan.

Triclofem tidak berpengaruh terhadap produksi air susu, sehingga aman terhadap ibu menyusui. Suntikan pertama dapat diberikan 6 minggu pasca melahirkan.

Siapa yang tidak boleh memakai obat Triclofem?

Mereka yang tidak boleh memakai obat Triclofem antara lain adalah:
  1. Diketahui atau diduga hamil
  2. Ada perdarahan jalan lahir yang tidak diketahui penyebabnya
  3. Kanker payudara
  4. Gangguan pembekuan darah
  5. Penyakit pembuluh darah otak
  6. Gangguan fungsi hati
  7. Hipertensi atau diabetes
  8. Penggunaan obat anticemas, antidepresi, antikejang, rifampisisn, dan obat antimalaria.