Pengertian Preeklampsia


Pengertian preeklampsia adalah kondisi ibu hamil yang mengalami peningkatan tekanan darah dan ditemukan protein dalam air kencingnya pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

Penyebab pasti preeklampsia tidak diketahui. Beberapa hal yang diduga berperan adalah gangguan autoimun, gangguan pembuluh darah, pola makan, dan faktor genetik.

Faktor risiko preeklampsia adalah kehamilan pertama, kehamilan kembar, gemuk, usia di atas 35 tahun, ada riwayat penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit ginjal.

Seringkali ibu dengan preeklampsia tidak merasakan gejala apa-apa. Jika bergejala, biasanya berupa bengkak pada tangan atau wajah, naik berat badan secara drastis, sakit kepala, nyeri perut, volume air kencing sedikit, muntah, dan gangguan penglihatan.
 
Ibu yang menderita preekalmpsia harus dimonitor secara ketat. Jika kehamilan lebih dari 37 minggu, dapat dilakukan operasi sesar. Sedangkan jika belum cukup bulan, tergantung dari kondisi preeklampsianya. Jika ringan, cukup dirawat di rumah, yaitu antara lain dengan cara cukup minum air, kurangi garam, dan secara teratur memeriksakan diri ke dokter. Jika preeklampsia berat, sebaiknya dirawat di rumah sakit sehingga kondisi ibu dan janin dapat terpantau dengan baik.