Jenis-jenis Stroke


Apa saja jenis-jenis stroke?

Stroke adalah kerusakan jaringan otak akibat terhentinya pasokan darah ke jaringan tersebut. Ada tiga jenis stroke, yaitu:

Stroke Iskemik

Stroke iskemik adalah stroke yang terjadi akibat penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah otak. Stroke jenis ini biasanya lebih ringan dan kemungkinan untuk mengalami perbaikan lebih besar.

Stroke Hemoragik

Stroke hemorhagik terjadi akibat pecahnya pembuluh darah otak, sehingga darah keluar dan memenuhi jaringan otak. Selain matinya sel-sel otak karena tidak ada suplai darah, penumpukan darah di sekitar wilayah kebocoran dapat menyebabkan gejala sakit kepala, muntah, penekanan rongga cairan otak (ventrikel), penekanan batang otak, dan lain-lain.

Transient Ischemic Attack (TIA)

Pada TIA, suplai darah ke jaringan otak terhenti untuk sementara, diduga akibat penyempitan pembuluh darah otak. Gejala TIA mirip stroke tetapi biasanya hanya berlangsung 30 menit sampai beberapa jam. Oleh karena itu, kondisi ini disebut juga mini stroke. TIA merupakan tanda peringatan kemungkinan timbulnya stroke permanen pada masa akan datang.