Komplikasi Penyakit Hipertensi


Apa komplikasi penyakit hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi?

Komplikasi berbahaya dari penyakit hipertensi antara lain adalah:

Stroke

Stroke adalah pecahnya atau tersumbatnya pembuluh darah otak. Akibatnya, jaringan otak mengalami kerusakan. Gejalanya antara lain lumpuh, mati sebelah, bicara pelo, gangguan kesadaran. Jika derajat strokenya parah, dapat timbul kematian.

Sebagian besar stroke disebabkan oleh penyakit hipertensi. Tekanan yang tinggi akan merusak pembuluh otak yang kecil.

Penyakit Jantung

Tekanan darah tinggi dapat menimbulkan emboli atau gumpalan darah. Emboli ini jika sampai pada pembuluh darah jantung dapat menyumbat pembuluh darah tersebut. Akibatnya otot jantung yang diperdarahi oleh pembuluh yang tersumbat akan mati. Akhirnya jantung tidak bisa berfungsi dengan baik.

Pentakit Ginjal

Tekanan darah yang tinggi akan merusak dan memecahkan pembuluh darah ginjal yang sangat halus. Jika jumlah pembuluh darah yang rusak banyak, maka timbul gagal ginjal. Pada gagal ginjal, ginjal tidak mampu lagi menjalankan fungsinya menyaring darah.

Untuk mencegah ketiga komplikasi di atas, maka tekanan darah tinggi harus dikelola dengan baik. Caranya antara lain mengurangi konsumsi garam, berolahraga secara teratur, dan disiplin minum obat penurun tekanan sesuai dengan anjuran dokter.

Selain itu sangat penting memantau tekanan darah dari waktu ke waktu. Anda dapat memantaunya sendiri dengan menggunakan tensimeter digital.