Pengertian Trigliserida


Apa pengertian trigliserida?

Trigliserida adalah salah satu bentuk lemak yang ada dalam tubuh. Trigliserida berasal dari makanan misalnya minyak tumbuhan atau lemak hewani, atau diproduksi sendiri oleh tubuh dari bentuk lemak yang lain.

Fungsi utama trigliserida adalah sebagai sumber energi aktifitas tubuh sehari-hari, dan jika jumlahnya berlebihan disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak perut atau lemak bawah kulit.

Kadar normal trigliserida adalah 150 mg/dL. Dianggap tinggi jika di atas 200 mg/dL. Sedangkan nilai 150 – 199 mg/dL dianggap sebagai perbatasan.

Kondisi trigliserida yang tinggi disebut hipertrigliseridemia. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

Hipertrigliseridemia paling sering disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, dimana terjadi konsumsi lemak yang berlebihan. Selain itu, beberapa kondisi lain juga dapat menyebabkan hipertrigliseridemia antara lain konsumsi alkohol, diabetes yang tidak terkontrol, gangguan hormonal, penyakit ginjal, penyakit liver, kelainan genetik, dan lain-lain.