Apa penyebab penyakit tuberkulosis (TB)?


Penyebab penyakit tuberkulosis adalah bakteri yang mempunyai nama Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini dijelaskan pertama kali oleh Robert Koch pada 1882.  Bakteri TB berbeda dengan bakteri biasa, yaitu mempunyai selubung tebal yang terbuat dari asam mikolat. Selain itu membelah lebih lambat, yaitu setiap 15-20 jam. Untuk hidup, bakteri tuberkulosis membutuhkan oksigen dalam jumlah banyak.

Bakteri Mycobacterium tuberculosis hidup di paru-paru. Di organ ini, bakteri merusak jaringan paru-paru sehingga menimbulkan gejala sesak napas, batuk, dahak berdarah, dan sebagainya.

Untuk memeriksa bakteri tuberkulosis, diperlukan pemeriksaan khusus yaitu pemeriksaan bakteri tahan asam. Di bawah mikroskop, bakteri tampak seperti batang berwarna merah.

Bakteri TB sulit dibasmi. Untk memberantasnya dibutuhkan kombinasi dari beberapa antibiotik berikut: INH, rifampisin, etambutol, pirazinamid, dan lain-lain. Tak hanya itu, pengobatan juga harus dilakukan dalam jangka waktu lama, minimal 6 bulan lamanya.