2 Jenis Penyakit Diabetes


Apa aja? Pertama, diabetes tipe 1 dan kedua diabetes tipe 2 :)

Bedanya dimana? Bedanya di penyebabnya Kawan. Kalo diabetes tipe satu, pabrik tempat produksi hormon insulin mengalami kerusakan akibat dibombardir sistem pertahanan tubuh sendiri yang salah mengenali temannya.

Sedangkan diabetes tipe dua, pabriknya baik-baik saja. Hanya saja, produksi insulin tidak sebanding dengan kebutuhan. Kadang-kadang produksinya cukup, tapi hormon insulinnya ga bisa bekerja maksimal.

Dari tadi ngomongin hormon insulin :) Makhluk apakah ini?

Hormon insulin sebenarnya hanya pembantu, atau kerennya helper. Tugasnya membantu gula yang ada dalam darah masuk ke dalam sel. Tugas spesifiknya yaitu membantu membukakan pintu sehingga gula darah dapat masuk tanpa hambatan.

Apa pula keperluan gula darah masuk ke dalam sel? Kepentingannya sangat penting, yaitu menyerahkan dirinya sebagai bahan baku pembuatan energi yang pabriknya ada di dalam sel. Oleh karena itu, jika gula darah hanya seliweran di luar sel, tak ada gunanya. Ia tetap menjadi gula darah dan ga bisa digunakan sebagai sumber energi.

Bukan hanya tidak berguna, gula darah yang luntang-lantung dalam pembuluh darah tanpa tujuan secara jangka panjang membuat kerusakan. Tak tanggung-tanggung. Si Gula merusak pembuluh darah, merusak ginjal, merusak mata, merusak saraf, dan sebagainya. Tapi jangan ngeri dulu. Komplikasi ini baru terjadi jika seorang penderita sombong, tidak mau mengelola gula darahnya. Mungkin pernah mendengar seorang penderita gula darah dengan bangga bercerita bahwa gula darahnya 500 mg% tapi ia masih sanggup berjalan-jalan tanpa keluhan berarti. Inilah salah satu bentuk kesombongan. Hasilnya, tunggu aja beberapa tahun sampai para komplikator ;) menampakkan diri. Jika sudah terlambat, yang ada hanyalah penyesalan dan air mata.

Be te we, makasih sudah baca artikel 2 jenis diabetes ini.