Kadar Gula Darah dan Olahraga


Salah satu anjuran bagi penderita diabetes atau penyakit kencing manis adalah berolahraga secara teratur. Walaupun demikian, olahraga tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kadar gula darah yang dimiliki.

Berikut panduannya:

Kadar gula darah di bawah 100 mg%, artinya gula darah dalam kategori rendah untuk berolahraga. Oleh karena itu, sebelum mulai berolahraga, usahakan konsumsi makanan atau minuman manis dulu, misalnya teh manis, jus, buah, dan sebagainya.

Kadar gula 100 – 250 mg% adalah kadar gula yang paling optimal untuk berolahraga.

Kadar gula di atas 250 mg% harus berhati-hati kalau ingin berolahraga. Dianjurkan untuk menurunkan kadar gula ke level di bawahnya baru berolahraga.

Mengapa demikian?

Karena dapat terjadi kondisi yang disebut ketoasidosis atau darah menjadi asam karena adanya ‘benda keton’. Keadaan ini sangat berbahaya dan harus mendapat pertolongan segera.

Satu hal yang perlu diingat adalah, olahraga yang dilakukan akan menguras energi dalam bentuk glukosa, dengan demikian rentan terjadi kondisi berkebalikan, yaitu kadar gula rendah. Ciri-cirinya, orang tersebut limbung, lemah, pusing, atau bahkan pingsan. Jika terjadi kondisi demikian, secepatnya berikan makanan atau minuman manis seperti air gula, permen, dan lain-lain.

Wah, apa tidak akan membuat gula darahnya naik?

Tak mengapa, karena dalam jangka pendek, kondisi kadar gula darah drop lebih berbahaya daripada kadar gula tinggi.

Demikian, semoga bermanfaat. Terimakasih.