Kadar Gula Darah, Normalnya Berapa?


Ga usah pake basa-basi ya, langsung Aku jawab aja, gula darah normalnya adalah antara 70-130 mg% kalo belum makan, atau kurang dari 180 mg% dua jam sesudah makan. Lho koq dua jam :) He he he itu rekomendasi para ahli.

Dalam bahasa medis, kadar gula darah yang normal disebut NORMOGLIKEMIA. Normo artinya normal, glike merujuk pada glukosa (gula), dan mia artinya dalam darah.

Terus yang tidak normal berapa? Di atas 200 mg%. Kondisi ini biasa disebut dengan diabetes. Bahasa medisnya apa? Ayo tebak?

Bahasa medisnya adalah hiperglikemia.

Ada yang aneh kan? Antara 130 dan 200 apa donk? Angka di seputar itu disebut perbatasan. Artinya, kalo ga ati-ati, misalnya makan banyak, kurang olahraga, dan suka sakit ati (yang ini becanda ya), bisa naik peringkatnya menjadi penyakit diabetes.

Tapi kalo dikelola dengan baik, sabar, dan telaten, besar kemungkinan kembali ke level normal.

Ada satu istilah lagi, yaitu hipoglikemia? Sudah bisa nebak kan?

Betul, artinya gula darah di bawah normal. Secara angka, di bawah 70 mg%. Kawan-kawan tau gak, kondisi hipoglikemia sangat berbahaya, lebih berbahaya daripada hiperglikemia. Kenapa? Karena orang yang hipoglikemia dapat pingsan bahkan ‘end’. Ngeri kan.

Kapan penyakit hipoglikemia muncul? Konon katanya pada mereka yang puasa lama-lama, olaharaga berlebihan gak makan minum, atau habis minum obat diabetes tapi belum makan atau overdosis.

Tapi walaupun akibatnya fatal, cara mengatasi hipoglikemia sangat sederhana. Cukup minum air gula atau makan permen manis (bagi yang masih bisa ngunyah permen) atau larutan glukosa disuntik langsung ke dalam pembuluh darah. Prinsipnya, semakin cepat dilakukan tindakan, semakin bagus hasilnya.

Sudah dulu Kawan ya, makasih sudah baca tentang kadar gula darah normal. Semoga bermanfaat.