Laxadine Emulsi, Obat Susah Buang Air Besar


Keluhan susah buang air besar adalah hal lazim terjadi. Penyebab terseringnya adalah konsumsi serat yang kurang, dengan kata lain kurang makan sayur dan buah. Selain itu, biasanya penderita juga kurang minum air putih.

Dampak susah buang air besar tidak main-main. Dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan penyakit wasir atau ambien. Selain itu dapat menyebabkan buang air besar berdarah.

Salah satu obat yang manfaatnya mengatasi susah buang air besar adalah LAXADINE EMULSI.
Obat ini berbentuk sirup dan mengandung 3 zat aktif yaitu fenolftalein, larutan parafin, dan gliserin.
Cara kerja Laxadine Emulsi adalah dengan cara merangsang gerakan usus (gerakan peristaltik) agar lebih lancar, menghambat air yang ada dalam tinja diserap oleh dinding usus besar sehingga tinja lebih lunak, dan melicinkan jalannya feses sehingga feses mudah dikeluarkan.

Dosis Laxadine Emulsi untuk dewasa adalah 3 - 6 sendok takar dan untuk anak 6 - 12 tahun adalah 1,5 - 3 sendok takar. Cara minumnya adalah sekali minum pada malam hari menjelang tidur. Diharapkan pada pagi harinya sudah bisa buang air besar.

Laxadine Emulsi tidak dianjurkan diminum terus-menerus secara berkepanjangan karena dapat menimbulkan keseimbangan elektrolit terganggu, otot lemah, berat badan turun. Selain itu, hindari pemberian pada anak di bawah 6 tahun, wanita hamil dan menyusui, serta lansia.

Efek samping yang mungkin terjadi adalah mual muntah, diare, nyeri perut, dan lain-lain.
Obat Laxadine Emulsi merupakan produksi Galenium Pharmasia. Nomor teleponnya 021-7228601 ext 888. Website: www.galenium.com.