Inilah Obat Congek di Apotek


Mungkin ada yang gak nyaman dengan judul di atas? Mohon maaf. Tapi pada kenyataannya, penyakit congek bukan lah penyakit langka. Penyakit ini banyak ditemui terutama pada anak-anak.

Congek yang keluar dari telinga sebenarnya adalah nanah atau dalam bahasa medis disebut pus. Nanah ini berasal dari proses peradangan akibat adanya infeksi bakteri di liang telinga, baik liang telinga luar maupun liang telinga dalam. Batas di antara kedua liang telinga ini adalah gendang telinga.

Gejala yang timbul biasanya tidak hanya nanah, tapi juga sering disertai dengan nyeri telinga, demam, sakit kepala, dan pendengaran menurun.

Karena penyebabnya adalah infeksi bakteri, maka congek diobati dengan antibiotik. Biasanya yang digunakan adalah antibiotik tetes telinga, contohnya erla tetes telinga, otolin, otopraf, dan sebagainya. Jika infeksi telinga parah, maka lebih cocok diberikan antibiotik minum seperti sefadroksil, siprofloksasin, atau klindamisin. Obat congek di atas harus dibeli di apotik dengan resep dokter. Jika ada nyeri atau demam, diberikan juga obat antinyeri misalnya parasetamol, ibuprofen, dan sebagainya.

Infeksi telinga yang berasal dari liang telinga luar biasanya relatif mudah diobati dibandingkan dengan liang telinga tengah.

Terima kasih sudah membaca artikel “Obat Congek di Apotik”.