Penyakit Askariasis (Ascariasis)


Pengertian Penyakit Askariasis

Penyakit askariasis atau dalam bahasa Inggrisnya ‘ascariasis’ adalah penyakit infeksi usus yang disebabkan oleh cacing gelang. Penyakit ini biasanya dijumpai di wilayah yang memiliki higien sanitasi yang buruk.

Penyebab Penyakit Askariasis

Penyebab penyakit askariasis adalah cacing gelang dengan nama latin Ascaris lumbrocoides. Cacing ini hidup di usus halus manusia.

Manusia terinfeksi cacing ascaris karena menelan telur cacing secara tidak sengaja dari makanan atau minuman yang terinfeksi. Telur yang tertelan akan menetas di dalam usus dan menjadi larva. Larva ini akan masuk ke dalam aliran darah manusia yang kemudian akan sampai di paru-paru dan masuk saluran napas. Larva berjalan ke tenggorokan dan tertelan kembali ke dalam usus. Larva kemudian menjadi cacing dewasa dan terjadi perkawinan antara cacing dewasa jantan dan betina yang akan menghasilkan banyak sekali telur cacing. Telur akan menetas menjadi larva kemudian masuk kembali ke aliran darah. Demikian seterusnya.

Gejala Penyakit Askariasis


Pada awal perjalanan penyakit, biasanya tidak ada gejala. Setelah infeksi makin parah, akan timbul berbagai macam gejala pada tubuh penderita.

Cacing pada paru-paru dapat menimbulkan gejala batuk, sesak, bunyi mengik, dan napas pendek.

Sedangkan gejala pada usus berupa mual, muntah, gangguan buang air besar, nyeri perut, berat badan turun, dan sebagainya. Selain itu, kadang-kadang ditemukan cacing keluar bersama tinja.

Kadang-kadang penderita juga mengeluh cepat lelah dan merasa agak demam setiap hari. Pada anak-anak dapat dijumpai nafsu makan kurang serta tumbuh kembang terhambat.

Jika jumlah cacing sangat banyak, cacing dapat menggumpal dan menyumbat usus. Gejalanya berupa nyeri perut yang hebat disertai muntah. Kondisi ini termasuk ke dalam golongan gawat darurat dan harus mendapat pertolongan segera.

Pengobatan Penyakit Askariasis


Pengobatan penyakit cacing askariasis relatif sederhana, yaitu menggunakan obat-obat cacing yang dijual di pasaran, contohnya albendazol, mebendazol, atau ivermectin. Pirantal pamoat juga cukup efektif membasmi cacing ini.