Penyakit Zika


Salah satu penyakit yang sedang naik daun saat ini adalah penyakit Zika. Penyakit ini disebabkan oleh virus Zika. Virus ini segolongan dengan virus dengue penyebab demam berdarah.

Walaupun namanya agak aneh dan jarang terdengar, virus zika bukanlah virus baru. Virus ini ditemukan di Uganda pada tahun 1947. Setelah itu, penyakit zika tercatat beberapa kali  mewabah di afrika, asia, amerika, dan negara-negara di pasifik.

Virus zika ditularkan oleh nyamuk Aedes. Nyamuk ini juga menjadi perantara penyebaran virus dengue penyebab demam berdarah dan virus chikungunya.

Gejala penyakit zika umumnya ringan. Oleh karena itu banyak yang tidak menyadari bahwa ia terserang virus ini. Gejalanya antara lain demam, bintik merah, nyeri sendi, dan mata merah.

Sampai saat ini belum ditemukan obat spesifik untuk membunuh virus zika. oleh karena itu, pengobatan lebih ditujukan untuk mengatasi gejala yang timbul, misalnya pemberian parasetamol untuk mengurangi gejala demam. Selain itu penderita dianjurkan untuk banyak istirahat dan banyak minum.

Walaupun pada kebanyakan kasus, penyakit zika sembuh sempurna, tetapi penyakit ini bisa berbahaya bagi ibu hamil, khususnya bagi janin yanh dikandungnya. Janin bisa mengalami kelainan bawaan yaitu mikrosefali atau kepala berukuran kecil.

Selain itu, penyakit zika diduga berhubungan dengan penyakit Guillain-Barré syndrome (GBS). Gejala GBS adalah kelemahan atau kelumpuhan lengan atau tungkii yang biasanya berlangsung beberapa minggu.