Pengertian Dismenore


Pengertian disemenore adalah nyeri yang menyertai haid atau menstruasi, baik sesaat sebelum timbulnya menstruasi, maupun selama menstruasi berlangsung.

Nyeri tersebut biasanya berupa nyeri kram yang hilang timbul yang dirasakan pada perut bagian bawah. Kadang-kadang nyeri tersebut menyebar ke pinggang atau paha. Selain itu, dapat dijumpai gejala mual, muntah, sakit kepala, atau pusing.

Dismenore terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe primer dan tipe sekunder.

Dismenore primer merupakan bentuk yang paling umum dijumpai dan sering berulang. Dismenore jenis ini tidak disebabkan oleh adanya kelainan medis atau penyakit. Nyeri biasanya mulai dirasakan satu atau dua hari sebelum haid. Rasa nyeri bervariasi, mulai dari ringan sampai berat. Nyeri akibat dismenore primer biasanya akan berkurang seiring dengan bertambahnya umur dan biasanya menghilang setelah seorang wanita melahirkan.

Dismenore sekunder adalah nyeri haid yang disebabkan adanya kelainan pada organ reproduksi wanita, misalnya endometriosis, adenomiosis, mioma, atau infeksi. Nyeri pada dismenore sekunder biasanya mulai lebih awal dan berlangsung lebih lama dibandingkan dengan nyeri dismenore primer. Nyeri biasanya tidak disertai mual, muntah, sakit kepala, pusing, atau gejala sistemik lainnya.

Untuk mengatasi nyeri haid, dokter biasanya memberikan obat-obat pereda nyeri dari golongan antiinflamasi non steroid misalnya diklofenak, ibuprofen, ketoprofen, asam mefenamat, naproksen, dan lain-lain.

Selain itu juga dapat diberikan pereda nyeri lain seperti asetaminofen, aspirin, dan sebagainya.