Pengertian Metode Kanguru


Pengertian Metode Kanguru adalah suatu teknik perawatan bayi, terutama bagi bayi prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah, menggunakan prinsip kontak kulit dengan kulit (skin to skin contact), yaitu kulit bayi dan kulit orang dewasa (ibu, ayah, atau yang lainnya).

Teknik metode kanguru menyerupai cara kanguru dalam merawat bayinya sesaat setelah lahir, yaitu dengan menempatkannya di dalam kantong. Nah, pada manusia, metode ini dilakukan dengan meletakkan bayi di dada ibu dalam keadaan tidak berpakaian. Hanya menggunakan topi, kaos kaki, dan popok.

Metode kanguru dipublikasikan pertama kali pada tahun 1979, oleh Dr. Edgar Rey Sanabria dan Dr. Martinez dari Bogota, Kolombia.

Manfaat utama metode kanguru adalah mencegah bayi kedinginan (hipotermia), dimana kondisi ini sering dialami bayi prematur dan bayi yang beratnya kurang.

Manfaat lainnya metode kanguru adalah menstabilkan denyut jantung janin, pernapasan janin, membantu bayi tidur nyenyak, barat badan bertambah dengan cepat, jarang menangis, memudahkan menyusui dan lain-lain.