3 Cara Menurunkan Gula Darah


Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh penderita penyakit kencing manis (diabetes mellitus) ataupun keluarganya adalah bagaimana cara menurunkan kadar gula darah?

Untuk mengendalikan kadar gula darah yang tinggi tidak bisa hanya dilakukan dengan satu cara, tetapi harus mengkombinasikan beberapa cara. Cara-cara
tersebut yaitu:

1. Menyesuaikan pola makan

Pola makan yang cocok untuk penderita diabetes adalah:

- Hindari karbohidrat dari nasi putih, roti putih, atau kentang. Karbohidrat yang boleh adalah yang berasal dari beras merah, ubi jalar, atau jagung.

- Hindari makanan yang digoreng misalnya daging goreng, ikan goreng, tahu goreng, dan sebagainya. Daging ayam rebus, ikan rebus atau panggang, tahu rebus, telur rebus, kacang-kacangan rebus lebih dianjurkan.

- Boleh mengkonsumsi buah-buahan segar atau sayuran segar. Buah-buahan olahan yang sudah ditambah gula atau pemanis sebaiknya dihindari.

- Jika minum teh, kopi, atau.coklat, usahakan tidak menggunakan gula.

2. Olahraga secara teratur, minimal 3 kali seminggu.

3. Mengkonsumsi obat-obat antidiabetes secara teratur sesuai dengan anjuran dokter. Umumnya obat-obat tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan membosankan.

Perlu diketahui bahwa penerapan 3 cara menurunkan gula darah di atas harus dilakukan terus menerus. Kadang-kadang sepanjang hayat.

Semoga bermanfaat.