Ciri-ciri Tekanan Darah Sangat Tinggi


Apa saja ciri-ciri tekanan darah jika sudah sangat tinggi?

Penderita penyakit tekanan darah tinggi sering tidak mempunyai keluhan yang berarti. Biasanya hanya berupa sakit kepala yang tidak terlalu berat, bahkan hanya rasa tidak nyaman di kepala.

Tidak adanya keluhan terutama jika tekanan darah naiknya tidak terlalu tinggi, mungkin sekitar 150/90mmHg.

Oleh karena minimnya keluhan sehingga banyak penderita penyakit darah tinggi tidak menyadari bahwa ia menderita penyakit tersebut. Pun karena minimnya keluhan, penderita yang sudah tahu dirinya darah tinggi tidak merasa perlu untuk berobat.

Berbeda jika tekanan darah sudah sangat tinggi, misal sudah 200/110 mmHg. Keluhan biasanya berat. Keluhan atau ciri-ciri tekanan darah sangat tinggi antara lain adalah:

  1. Sakit kepala hebat
  2. Mual muntah
  3. Rasa berputar atau vertigo
  4. Muncul gejala stroke berupa kesemutan atau lumpuh salah satu sisi tubuh, muka mencong, sulit bicara, atau tidak sadarkan diri.

Jika sudah terjadi hal di atas, terutama jika sudah timbul stroke, walaupun tekanan darah pada akhirnya berhasil dikendalikan, efek yang terlanjur terjadi biasanya menetap dan sulit untuk diobati.

Oleh karena itu, bagi penderita tekanan darah tinggi, mengendalikan tekanan darah supaya tidak naik terlalu tinggi sangat penting. Pengendalian bisa dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi obat-obatan antihipertensi.