Nilai Kolesterol Normal dan Gejala Kolesterol


Berapa nilai kolesterol normal dan apa saja gejala yang muncul jika kolesterol tinggi?

Nilai kolesterol normal adalah kurang dari 200 mg/dl. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan nilai di atas 240 mg/dl, nilai kolesterol dianggap tinggi. Nilai antara 200-239 dianggap berisiko tinggi.
Walaupun kadar kolesterol dalam darah tinggi, penyakit kolesterol biasanya tidak bergejala. Penderita sering tidak menyadari bahwa ia sedang menderita penyakit kolesterol.

Jika kadar kolesterol terus-terusan tinggi selam bertahun-tahun, akan terjadi penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah diikuti oleh pengerasan dinding pembuluh tersebut. Akibatnya bisa fatal, yaitu penyakit jantung koroner, penyakit stroke, dan penyumbatan pembuluh darah kaki.

Gejala penyakit jantung koroner adalah nyeri dada kiri yang menjalar ke bahu dan tangan kiri. Gejala stroke yaitu badan mati sebelah. Sedangkan gejala penyumbatan pembuluh darah kaki adalah nyeri atau kesemutan pada kaki.

Cara untuk mengatasi kadar kolesterol yang berlebihan adalah mengatur pola makan dan olahraga. Jika kadar kolesterol cenderung tetap tinggi maka harus minum obat antikolesterol misalnya simvastatin.