Ikterus pada Bayi Baru Lahir


Tidak jarang bayi baru lahir warna kulit dan matanya berubah menjadi kuning. Inilah yang disebut ikterus. Berbahayakah?

Ada dua jenis ikterus, fisiologis dan patologis.

Ikterus fisiologis adalah ikterus normal. Tidak ada penyakit yang mendasarinya. Ciri ikterus fisiologis adalah timbul setelah usia bayi 2 atau 3 hari dan menghilang setelah 10 hari. Selain itu, hasil pemeriksaan laboratorium tidak menunjukkan perubahan ekstrim dari kadar bilirubin. Setelah menderita ikterus fisiologis, bayi akan normal kembali seperti anak sehat umumnya.

Berbeda dengan ikterus patologis. Ikterus jenis ini ada penyakit yang menyebabkannya. Misalnya, ketidakcocokan golongan darah, infeksi, kelainan darah, gangguan saluran cerna, dan sebagainya. Dokter akan mencari sumber penyebab ikterus patologis. Jika sudah ditemukan, dilakukan pengobatan sesuai jenis penyebab.

Walaupun kedua ikterus di atas tampaknya mudah dibedakan, secara setting lapangan tidak demikian. Bisa saja dianggap ikterus patologis ternyata fisiologis, atau sebaliknya. Oleh karena itu dokter akan melakukan pemeriksaan seteliti mungkin.

Dari segi risiko, beberapa ikterus patologis tergolong ke dalam kategori berbahaya. Tergantung pada penyebab dasarnya. Misalnya interus terjadi karena tidak terbentuknya saluran empedu, dapat timbul kematian jika penanganannya tidak tepat.