Obat Demam Berdarah Dengue di Apotik


Apa nama obat demam berdarah dengue di Apotik?

Penyakit demam berdarah atau dengue disebabkan oleh virus dengue. Sayangnya, sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat membunuh langsung virus dengue.

Jadi?

Untungnya, daya tahan tubuh manusia sendiri dapat membasmi virus dengue. Hanya saja tidak bisa serta merta. Butuh waktu. Tidak terlalu lama sebenarnya, sekitar sepuluh harian jika dihitung dari hari pertama demam.

Pengobatan untuk penyakit demam berdarah yang tersedia saat ini tidak ditujukan pada virus dengue. Tapi pada gejala yang timbul.

Gejala demam dan sakit kepala diobati dengan obat seperti parasetamol.

Sedangkan gejala turunnya tekanan darah akibat perdarahan dan kehilangan cairan, diatasi dengan infus cairan dalam jumlah memadai. Jika ditambah perdarahan, maka perlu diberikan transfusi trombosit.

Trombosit adalah keping pembeku darah yang jumlahnya berkurang ketika seorang terkena penyakit demam berdarah. Padahal keping darah ini sangat penting untuk menjaga keutuhan pembuluh darah sehingga tidak bocor.

Kembali ke pertanyaan, apa obat demam berdarah dengue di apotik, maka jawabannya adalah parasetamol, cairan infus, dan trombosit. Hanya saja, dua yang terakhir pemberiannya harus di fasilitas kesehatan (puskesmas, rumah sakit, klinik, dan lain-lain).

Bagaimana dengan jus jambu dan obat tradisional lainnya yang diklaim bermanfaat untuk menaikkan jumlah trombosit? Boleh-boleh saja. Tapi perlu dilakukan penelitian klinis untuk membuktikan keampuhannya menaikkan kadar trombosit darah.